Tulisan ini
sebenarnya sudah pernah gue terbitkan di heruwbsono.com. Nah, berhubung itu
situs sudah punah dan dimakan data dengan pelanggan lainnya gue mau terbitin
lagi di sini. Untung saja gue masih punya data mentahannya. Jadi ya bisalah gue
bagusin lagi kata-katanya yang kurang sedap dibaca. Yuk mulai.
Semua orang
pernah memasuki dunia pendidikan. Pasti pernah merasakan yang namanya ujian.
Baik itu ujian Ebta, Pra-Ebta dan Ebtanas. Itu sih jenis ujian waktu gue esde. Kalau sekarang apa ya? Dengar-dengar sih sudah gak ada ujian lagi
Anak esde sekarang. Ya itu sih
pendengaran gue ya.
Ujian Akhir
Nasional namanya waktu gue masih SMP. Buat tingkat SMA Ujian Nasional namanya.
Kalian tidak pernah lihat kan, waktu SPMB atau nama kerennya sekarang SNMPTN
ada orang menyontek. Gue sih sudah tiga kali ikutan begituan gak pernah ngeliat
ada orang nyontek.
“Yaiyalah…”
Tau gak kenapa
mereka melakukan hal yang demikian? Kalau menurut gue pribadi, mungkin tiap
orang ingin menyelamatkan dirinya sendiri. Kalau kita misalkan, seperti ini.
Masalahnya
adalah kapal tersebut tidak ada waktu untuk berlabuh terlalu dekat dengan pulau
tersebut. Akhirnya mau gak mau kita harus berenang untuk bisa menuju kesana.
Perlu gue tekankan, disini tidak ada sekoci ceritanya. Ceritanya.
Mau gak mau
kita harus berenang dong. Buat orang
bermentalkan baja pasti dia berani berenang menuju pulau itu dengan sendirian.
Ketika ia sudah sampai di pulau tersebut pastinya ia akan sedikit sombong untuk
memamerkan kekuatannya di depan temannya yang lain. Intinya sih seleksi alam. Apaan sih Roe.
“Panjang amat
ceritanya Roe, ujungnya seleksi alam doang. Kadang gak semua yang lo ceritain
tadi pada sombong. Sebagian orang pasti ada yang merencankan untuk mencapai
kesana karena ia memang harus bertahan hidup. Setelah ia bisa bertahan hidup,
kemudian ia berusaha mencari cara untuk bisa menyelamatkan penumpang lainnya
yang masih berada di dalam kapal.”
Pemikiran lo
boleh juga tuh. Tumben lo banyak bicara kali ini.
Lupakan masalah
SNMPTN. Sekarang gue sudah masuk dunia pendidikan sedikit tinggi tingkatannya
dengan SMA. Banyak orang menyebutnya mahasiswa. Ada mahasiswa kedokteran. Ada
mahasiswa teknik. Ada mahasiswa komunikasi dan masih banyak lagi jenis
mahasiswa. Kecuali satu yang kalian gak boleh dapatkan. Yaitu julukan mahasiswa
abadi.
Ternyata
basa-basi gue lumayan panjang kali ini. Sebenarnya gue mau ngebahas
masalah ujian di dunia perkuliahan. Bukan hanya masalah ujiannya yang mau
dibahas di sini. Masalah contek-menconteknya juga ada. Dampaknya juga gue
ceritain dikitlah.
Jujur, gue
kenal menyontek itu dari SD. Tepatnya kelas empat. Kenapa gue bisa kenal
namanya menyontek? Jawabannya adalah gara-gara gue pernah lihat teman
sering banget ngelakuin hal beginian (buka kuku di bawah meja). Terus gue
penasaran dan akhirnya bertanya “Itu, yang begituan gimana cara ngelakuinnya?
Kok kau berani kali. Udah gitu gak ketahuan sama guru. Ajarin dong.” Tanya gue
polos.
“Ini namanya
nyontek. Nyontek itu gak perlu diajarin. Dia hanya butuh pengalaman dan
keberanian.” Jawabnya teman gue santai dan sedikit mengeluarkan senyuman
kemenangan di jalur yang salah.
“Roe, teman lo
itu namanya siapa?”
Gue udah lupa
Bil. Kalaupun gue ingat pasti namanya akan gue samarkan. Panggil saja Budi.
“Budi enggak cocok Roe. Budi terlalu baik untuk melakukan
hal seperti itu.”
Aish,
terus siapa dong Bil. Yaudah, gue pake karakter jagoan gue aja deh biar
gampang. Sebut saja namanya Jemmy.
“Oke. Lanjut
lagi ceritanya.”
Beberapa minggu
kemudian ulangan/ujian tiba. Waktu SD meja sekolah gue ada lacinya, tapi ini gak
pakai penutup. Jadi, buku cetak bisa di taruh di dalamnya. Buku cetak-pun gue
keluarkan dengan cepat, tanpa orang lain melihat. Hanya dua yang ngeliahat gue
ngelakuin beginian pada waktu itu.
“Siapa?”
Allah dan
Jemmy. Itu pasti. Namun, niat gue masih tetap gue lanjutin. Lima menit pertama
gue mulai gelisah. Suka ngelihat kearah meja guru terus-terusan. Gak lama si
ibunya ngeliat kedepan. Gue cepat-cepat nunduk. Maklum masih amatiran. Gak
berapa lama gue lihat kiri-kanan, kena tegur dong sama ibu gurunya. Akhirnya gue buat jeda tuh, biar gak terlalu mencolok.
“Lo belum
apa-apa udah nyontek. Ngerjain dulu kek yang menurut lo gampang kan bisa.”
Bukan, gue cuma
liat situasinya doang. Nah, waktu jeda itulah gue manfaattin buat ngerjain
soalnya yang bisa gue jawab. Biasanya ujian waktu SD soalnya gak banyak. Cuma
lima, tapi jawabannya panjang. Pernah juga gue pura-pura mikir atau nulis. Biar
keliatan pintar aja sih sama gurunya. Padahal gak tau apa-apa.
Nyontek pertama
gue gagal, dikarenakan mental gue kurang kuat untuk membuka buku cetak. Jam
istirahat, gue ceritain tuh kejadian tadi sama teman gue. Malah kena marah. Dia
bilang “Roe, kalau kau mau nyontek lihat-lihat gurunya juga dong.” Ini Jemmy
marah-marah sambil makan gorengan campur kuah apalah itu namanya. Gue yang
liatnya juga ikutan laper.
“Wah, aku gak
tau Jem. Kasih tau dong.” Gue masang muka memelas biar dikasih tau. Malah,
Jemmy ninggalin gue. Gak berapa lama kemudian ia membalikkan badannya ngomong
“Kalo kau mau tau, kau harus bisa baca kebiasaan gurunya ngapain aja saat ujian
berlangsung.” Teriaknya sambil menuju kearah kantin lagi. Gue masih mikir dan
terus mikir, apa maksudnya.
“Roe, kalo lo
ceritain bakalan jadi panjangn nih. Potong aja, kapan lo udah mulai mahir
nyonteknnya?”
Betol
juga. Baiklah. Gue mulai mahir nyontek waktu kelas lima esde. Teknik nyontek gue macem-macem. Ada buku cetaknya gue tandai
halamannya. Ada bikin di kertas kecil. Ada juga kalau ujiannya tidak terlalu
sulit, gue buat contekan di mejanya. Ada juga teknik kerja sama dengan teman
sebangku.
Gue merhatiin
gurunya, teman sebangku gue lihat ke bawah, cari contekan. Kalo gurunya ngeliat
keaarah meja kami, gue senggol sepatu teman sebangku gue. Responnya cukup
keren. Dia pura-pura mikir, tapi gerakannya sama sekali tidak berubah. Cuma
bola mata agak sedikit naik buat baca soal.
Sedangkan gue
panik tiba-tiba dan gak lama kemudian gue ditegur sama gurunya. “Heru, kerjain
sendri.” Kata gurunya sambil membetulkan kaca matanya. “Iya bu.” Jawab gue
pelan dan sedikit malu.
“Bukannya lo
bilang udah mahir? Gimana sih.”
Ya gak
mahir-mahir banget. Alhasil, gue dan teman sebangku gue berhasil mencontek dan
mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.
Entah kenapa
ada rasa yang kurang memuaskan dalam diri gue. Walaupun nilai gue bagus.
Puasnya itu gak menyeluruh. Paling gue puasnya karena gue gak kena marah
sama orang tua waktu nyampe di rumah.
Beda banget puasnya dengan gue ngerjain sendiri, tapi gak ada unsur nyonteknya.
Masalah kena marah seharusnya sudah harus menjadi resiko sendiri. Kalau mau
bagus yang harus kerja kerasnya lebih dari teman yang lainnya.
Naik tingkat
SMP, gue masih nyontek. Naik tingkat SMA gue masih nyontek. Naik tingkat
kuliah, gue sudah berhenti nyontek. Gue pernah mikir soalnya. Kalo kuliah gue
nyontek, gimana entar gue bisa dikasih kerjaan. Bisa-bisa gue dipecat mungkin.
“Pantesan. Gue
udah mulai percaya sekarang, kenapa lo bisa lama lulusnya. Wajar, wajar.
Hahaha…”
Bangke Ambon lo
Bil…
“Bingka Ambon
kale Roe.”
Lanjut lagi nih…
Mahasiswa mana sih yang gak tau jargon beginian ‘Posisi menentukan
prestasi’. Biasanya kata-kata ini sangat tepat digunakan waktu UTS dan UAS.
Sebenarnya ‘Posisi menentukan prestasi’ sudah bisa kita lihat dari waktu
pertama kali masuk mata kuliah tersebut.
Sampe sekarang, gue masih heran dengan mahasiswa yang berlomba-lomba
duduk di belakang. Jujur sih, gue juga sering melakukan hal seperti ini.
Tradisi angkatan gue 2007, kalo udah di kelas adalah mengkosongkan tempat duduk
dibarisan depan. Hanya wanitalah berani duduk di barisan depan.
Gue sendiri mengambil posisi duduk dibelakang karena ada alasan. Salah
satunya adalah gue sama sekali gak ngerti mata kuliahnya.
“Bah, bukannya kalo gak ngerti seharusnya duduk di depan?”
Seharusnya sih begitu. Gue sering berfikir kalo duduk di depan entar kalo
ditanya-tanya sama dosen terus gak bisa jawab bisa malu.
“Yah, chicken lo Roe. Namanya juga belajar.”
Sebenarnya sih gue tau kalo mahasiswa duduk di depan, pastinya akan cepat
dikenal dengan dosen. Kemungkinan besar bisa membina hubungan baik dengan
dosen.
Dosen itu hanya mengenal dua tipe mahasiswa. Pertama, mahasiswa pinter
dan kedua, mahasiswa bandel. Kalo gue sendiri masuk kategori di
tengah-tengahnya. Sebenarnya sih bukan hanya dosen doang yang begini. Guru
waktu gue SD, SMP dan SMA juga kayak begini.
Sering banget gue dengar perkataan seperti ini:
1.
“Eh, mata
kuliah ini dosennya siapa?”
2.
“Masih
dosen lama atau udah ganti dosennya?”
3.
“Wah, kalo
dosennya bapak/ibu itu gue gak jadi ambil deh. Killer cuy.”
4.
“Mending
lo ambil mata kuliah ini. Selain dosennya baik, kasih nilai juga
tinggi-tinggi.”
Itulah tadi beberapa obrolan mahasiswa ketika perwalian. Seharusnya
mahasiswa gak perlu mengasingkan diri dengan dosennya. Justru harus sebaliknya.
Dekat dengan dosen itu banyak sekali manfaatnya.
Bisa saja kita dipanggil untuk menjadi asistennya. Bisa saja kita
membantu project dari dosen. Selain
dapat tambahan uang jajan, pengalaman pasti bertambah.
“Roe, bukannya sekarang lagi ngebahas ujian atau nyontek-menyontek.
Kenapa bisa masuk ke perkuliahan.”
Benar, benar. Gue tadi terbawa suasana Bil.
Lo tau, apa
yang dimaksud dengan ujian buat mahasiswa?
“Ujian itu, ya
seperti cobaan.”
Bukan itu
doang. Ujian itu adalah sarana untuk menilai sejauh mana persiapan mahasiswa
dalam menghadapi soal dan memahami materi perkuliahan.
“Anjriiit,
panjang banget tu pengertiannya. Baca di mana lo Roe?”
Kok tau kalau
gue baca?
“Ketahuanlah,
sejak kapan lo bisa sebijaksana itu.”
Wah,
benar-benar minta dihajar ini anak. Oke, pengertian ini gue dapat dari google.
Puas lo.
“Gitu dong.”
Lanjut lagi gue
bacanya.
Dengan hasil ujian tadi lo bisa tau tingkat lo dimana.
Misalnya lo dapat A. Itu nilai paling bagus. Gue jarang-jarang bisa dapat nilai
dengan huruf seperti ini. Artinya, kalo dapat nilai A berarti kita udah paham
apa yang dosen ajarkan dan kita bisa mempertanggung jawabkan. Dengan nilai
seperti ini kita juga bisa menyampaikan ilmu kita ke adik-adik tingkat
pastinya.
“Emang lo
pernah kayak gitu?”
Gak pernah.
Suatu keajaiban alam kalo nilai A gue banyak. Tentunya gue pernah dapat A.
Kadang, gue memang paham dan bisa dipertanggung jawabkan. Tapi, buat share ilmu ke adik tingkat, gue belum
pernah nyoba sama sekali. Haha.
Muka-muka kayak
gue ini kalo dilihat sama adik tingkat pasti bentuk muka huruf D.
Lanjut lagi ke
nilai B. Artinya kita paham doang. Untuk nilai C, artinya kita setengah paham
setengahnya lagi di luar alam bawah sadar kita. Untuk nilai D, artinya belum
ngerti. Gue sangat sakit hati dapat nilai D. Soalnya terlihat mengantung sekali
ini nilai. Soalnya mau dibilang cukup gak bisa, mau dibilang gak ngerti juga
gak bisa. Kumaha aing wae. Ini Bahasa
Sunda, artinya kurang lebih seperti ini ‘Gimana guenya ajalah’.
Terakhir ada
nilai E, artinya kita sama sekali gak paham dan mengerti. Nilai dengan huruf
yang satu ini gak perlu dijelasin lagi. WAJIB HUKUMNYA MENGULANG SEMESTER
DEPAN!
Pernah gue
punya niat jahat dalam hati. Gimana kalo ada sebuah alat yang fungsinya
ngebantuin mahasiswa waktu ujian. Cukup satu aja alatnya di tiap ruangan. Cara
kerjanya sederhana. Kalo kalian pernah nonton film Speed pertama pasti tau. Penjahatnya kan pake CCTV. Terus disadap dengan FBI. Jadi gerakannya
kayak enggak bergerak. Suasananya terlihat tenang-tenang aja, tapi aslinya
gerak sana-sini.
Kalo kita simulasikan di ruangan seperti ini. Dosen masuk ke
dalam ruangan. Kemudian bagiin lembar soal dan jawaban. Kemudian dosen duduk di
tempat semula. Untuk menghasilkan kerja sama maksimal maka mahasiswa harus
meminimalkan gerakan yang tidak perlu selama satu sampai dua menit.
Alat mulai dinyalakan untuk merekam pergerakan mahasiwa.
Setelah alat sudah sempurana terekam. Kemudian tekan tombol warna hijau untuk
menjalakannya. Jadi, jika dosennya ngeliat kedepan. Suasananya bakalan tenang.
Ya kayak pertama kali dosen masuk kedalam ruangan. Mengenai peredam suaranya
mungkin kurang begitu maksimal. Jadi, harus kita kembangkan lagi nantinya. Lho.
Kembali kedunia
nyata. Biasanya mahasiswa yang duduk di depan itu gak pernah dicurigai. Ya lo
liat sendiri. Pasti dosennya kenal sama orang yang doyan duduk di depan dan
udah tau pasti dia pintar ataupun rajin. Kalo gue duduk di depan berarti gue terlambat.
Sedangkan duduk
dibelakang biasanya udah melakukan persiapan. Tiga puluh menit sebelum ujian
dia sudah harus tau mau nyontek dengan teknik apa.
Kebiasaan
mahasiswa paling gue gak suka adalah ngebahas soal ujian. Makanya kalo lagi
ujian gue suka keluarnya tunggu lima mahasiswa lagi sisanya. Kalo gue cepat
keluarnya bakalan ditanya-tanya “Lo jawab apaan nomer tiga tadi?” Dalam hati
gue ingin ngomong ‘Preet’ tapi gue tahan. Bisa jadi dia ngomong gini “Eh, yang nomer satu itu jawabannya
bla… bla… bla… kan?” Gue sih hanya bisa angguk-angguk
dengan senyum paksa.
Ada juga
mahasiswanya ngumpul, terus diskusi soal ujian. Dua detik kemudian jadi pasar
ikan suasana kampus. Tepatnya di wilayah jurusan gue. Bedanya pasar ikan dengan
wilayah jurusan gue waktu mahasiwanya diskusi adalah pasar ikan teriak-teriak
dengan jualan ikannya antara penjual dan pembeli, sedangkan mahasiswa sedang
diskusi teriak-teriak masalah jawabannya. Jawaban siapa yang paling benar.
Biasanya yang suaranya lebih besar dia sudah sangat yakin dengan jawabannya.
Kebiasaan gue
setelah ujian adalah pulang ke kosan, tanpa banyak mempedulikan teman yang
tanya-tanya jawaban.
“Terlalu egois
ternyata lo Roe.”
Selain ngebahas
soal ujian ada lagi yang keliatannya beda.
“Apaan Roe yang
keliatan beda?”
Wajahnya.
Biasanya keluar dari ruangan wajahnya dapat berubah dengan seketika. Ada yang
senang, kesal, suram, nangis, gembira, garuk-garuk kepala, ada yang kayak sesak
boker mukanya. Ada yang terliahat acting
dari mimik wajahnya. Itu sih gue. Bisa gak bisa jawab ujian yang penting
pulangnya udah bawa sesuatu. Entah itu ilmu mata kuliahnya atau pokok bahasan
cerita buat gue kembangin lagi. Sangat bermanfaat bukan? Pastinya.
Selama empat
tahun lebih gue ikut ujian. Gue banyak nemu teknik mereka (mahasiswa)
menyontek. Ada yang menggunakan selembar kertas kecil. Tulisannya juga pastinya
harus kecil. Biasanya teknik ini digunakan apabila dosennya memberikan
kisi-kisi ujiannya.
Teknik menulis
di-dinding, meja, telapak tangan. Kalo ini sih teknik lama. Gue juga pernah
pake waktu tingkat SD, SMP dan SMA.
“Waktu kuliah?”
Hmm.. Pernah.
Mengaku pernah melakukan hal yang tidak terpuji itu muka gue mendadak merah.
Lanjut lagi, teknik earphone. Teknik
ini dipakai waktu awal-awal kuliah. Karena hape masih boleh dipergunakan dalam
ruangan. Itu dulu.
Bagaimanakah
caranya? Malam harinya kita ngerekam materi hapalan yang kira-kira penting.
Yah, tentunya pakai suara kita sendiri. Biasanya sih untuk mata kuliah hapalan.
Gue pernah ngeliat teknik ini waktu SMA.
Biasanya anak
cewek yang sering pakai teknik ini. Sekolah gue di-haruskan, bukan wajib
menggukan jilbab. Yaudah, bimsalabim kabel-kabel panjang gak
keliatan.
“Terus, kalo di
perkuliahan anak ceweknya ada yang make ini teknik?”
Ya gak-lah.
Anak cewek angkatan gue baik-baik. Taat pada agamanya. Takut banget sama nilai
jelek. Kalo dapat C saja bisa merepet sendiri. Kadang gue juga pernah kena
sembur, tapi tenang, mereka semua ramah lingkungan pastinya, lhoh.
Selanjutnya
adalah teknik menggunakan hape. Teknik ini umum banget. Jadi, contekan bisa
dijadikan gambar atau catatan kecil. Alasanlah,
pura-pura ngeliat jam atau sms. Kalo masih awal kuliah hape masih boleh
digunakan di atas meja, tapi kalo sekarang udah haram hukumnya.
Selanjutnya
adalah teknik permisi ke toilet. Ini teknik gue jaman dulu banget. Kemungkinan
dikasih keluar pada ujian sedang berlangsung fifti-fifti. Tergantung dosennya.
“Caranya
gimana?”
Pertama minta
izin dulu pastinya. Usahakan muka kita harus menjiwai kalo kita memang kebelet
kencing ataupun boker. Kalo dikasih,
udah sedikit aman tuh kalo lo mau buka contekan di kertas kecil yang udah lo
tulis semalam.
Seingat gue sih
itu aja teknik-tekniknya. Kalo masih ada teknik yang lainnya boleh bagiin disini.
Haha. Jangan deh, Gak baik itu.
“Ah, bohong lo.
Masa dikit banget tekniknya.”
Ya emang segitu
gue ingatnya. Lebih ekstrim lagi masih di rahasiakanlah pastinya. Ingat,
sebenarnya hasil ujian kita itu tergantung bagaimana usaha kita. Gue sangat melarang
keras buat mahasiswa yang masih menyontek. Satu lagi, jangan pernah belajar SKS
(Sistem Kebut Semalam), jujur gue gak bisa ngelakuin ini.
Apa daya karena
tingkat kemalesan gue selalu berada di puncak, gue selalu menggunaka cara ini.
Hasilnya, nilai gak memuaskan sama sekali. Apalagi kayak tampang-tampang gue
ini. Lama ingat, cepat lupa. Dulu waktu SMA beda lagi. Belum ingat, udah lupa
duluan.
Pernah dalam
hati gue ngomong begini “Kalau nilai
ujian gue jelek, gue bakalan ngulang tahun depan nih. Hari ini gue nyontek
ajalah biar gak ngulang lagi. Cape cuy.”
“Benar, banget
tuh Roe. Gue juga pernah mikir kayak begituan.”
Yaiyalah, kan
kita memang satu pemikiran.
Benar banget
kata iklan obat pengingat daya tahan otak. Teman gue pernah ngasih contekan
yang tulisannya begini, gue nulis di kertas itu minta jawaban nomer lima. Terus
gue lipat sampe jadi bola. Gue lempar. Dia noleh ke belakang, gak lama kemudian
gue kasih aba-aba suruh isi kertanya.
Gak bertahan
lama di meja teman gue yang pintar itu. Terus dia tendang dari bawah kertasnya.
‘Tap’, akhirnya dapat jawabannya. Sambil berbisik gue ucapin “Makasih.” Gue
buka pelan-pelan. “Hah?” dalam hati gue bangke ini anak. Masa dia nulis ‘MAU
PINTAR, MAKANYA BELAJAR.’
Gue mau tanya
“Sebenarnya nyontek itu dosa apa gak sih?” jawabannya ada di ujung langit
*nyannyi Dragon Ball* dan ada di
dalam diri kita sendiri. Itulah jawaban lebay
versi gue. Soalnya, menyontek dapat menyebabkan malas, penipuan dan
memerdekakan kaum malas daripada yang rajin.
Gue kasih
sedikit penjelasan akibat menyontek itu seperti apa.
1. Gak bisa ngukur sampai sejauh mana
kemanpuan ilmu kita. Lo gak akan tahu seberapa hebatnya lo menaklukkan
soal-soal.
2. Gak bisa merasakan nikamat
berperilaku jujur. Enak-lho jujur itu. Gak ada beban. Selalu dipercaya apabiala
dikasih pekerjaan. Wah, banyaklah manfaatnya. Lo gak akan tahu betapa beratnya
untuk berlaku sabar dalam ujian yaitu berusaha untuk tidak menyontek.
3. Orang yang suka nyontek pasti
ketagihan untuk nyontek lagi dan lagi. Pastinya tuh.
4. Dengan menyontek akan melemahkan
kemampuan intelektualitas atau kepandaian.
5. Dengan menyontek akan kehilangan
wibawa dan harga diri di hadapan teman-teman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar