Jumat, 29 November 2013

Namanya Juga Belajar Menyontek. Jangan Mencontoh Nanti Bodoh

Tulisan ini sebenarnya sudah pernah gue terbitkan di heruwbsono.com. Nah, berhubung itu situs sudah punah dan dimakan data dengan pelanggan lainnya gue mau terbitin lagi di sini. Untung saja gue masih punya data mentahannya. Jadi ya bisalah gue bagusin lagi kata-katanya yang kurang sedap dibaca. Yuk mulai.

Semua orang pernah memasuki dunia pendidikan. Pasti pernah merasakan yang namanya ujian. Baik itu ujian Ebta, Pra-Ebta dan Ebtanas. Itu sih jenis ujian waktu gue esde. Kalau sekarang apa ya? Dengar-dengar sih sudah gak ada ujian lagi Anak esde sekarang. Ya itu sih pendengaran gue ya.

Ujian Akhir Nasional namanya waktu gue masih SMP. Buat tingkat SMA Ujian Nasional namanya. Kalian tidak pernah lihat kan, waktu SPMB atau nama kerennya sekarang SNMPTN ada orang menyontek. Gue sih sudah tiga kali ikutan begituan gak pernah ngeliat ada orang nyontek.

“Yaiyalah…”

Tau gak kenapa mereka melakukan hal yang demikian? Kalau menurut gue pribadi, mungkin tiap orang ingin menyelamatkan dirinya sendiri. Kalau kita misalkan, seperti ini.

Ada sebuah kapal besar gak lama lagi akan tenggelam. Kemudian ada sebuah pulau tidak jauh dari kapal besar tersebut.

Masalahnya adalah kapal tersebut tidak ada waktu untuk berlabuh terlalu dekat dengan pulau tersebut. Akhirnya mau gak mau kita harus berenang untuk bisa menuju kesana. Perlu gue tekankan, disini tidak ada sekoci ceritanya. Ceritanya.

Mau gak mau kita harus berenang dong. Buat orang bermentalkan baja pasti dia berani berenang menuju pulau itu dengan sendirian. Ketika ia sudah sampai di pulau tersebut pastinya ia akan sedikit sombong untuk memamerkan kekuatannya di depan temannya yang lain. Intinya sih seleksi alam. Apaan sih Roe.

“Panjang amat ceritanya Roe, ujungnya seleksi alam doang. Kadang gak semua yang lo ceritain tadi pada sombong. Sebagian orang pasti ada yang merencankan untuk mencapai kesana karena ia memang harus bertahan hidup. Setelah ia bisa bertahan hidup, kemudian ia berusaha mencari cara untuk bisa menyelamatkan penumpang lainnya yang masih berada di dalam kapal.”

Pemikiran lo boleh juga tuh. Tumben lo banyak bicara kali ini.

Lupakan masalah SNMPTN. Sekarang gue sudah masuk dunia pendidikan sedikit tinggi tingkatannya dengan SMA. Banyak orang menyebutnya mahasiswa. Ada mahasiswa kedokteran. Ada mahasiswa teknik. Ada mahasiswa komunikasi dan masih banyak lagi jenis mahasiswa. Kecuali satu yang kalian gak boleh dapatkan. Yaitu julukan mahasiswa abadi.

Ternyata basa-basi gue lumayan panjang kali ini.  Sebenarnya gue mau ngebahas masalah ujian di dunia perkuliahan. Bukan hanya masalah ujiannya yang mau dibahas di sini. Masalah contek-menconteknya juga ada. Dampaknya juga gue ceritain dikitlah.

Jujur, gue kenal menyontek itu dari SD. Tepatnya kelas empat. Kenapa gue bisa kenal  namanya menyontek? Jawabannya adalah gara-gara gue pernah lihat teman sering banget ngelakuin hal beginian (buka kuku di bawah meja). Terus gue penasaran dan akhirnya bertanya “Itu, yang begituan gimana cara ngelakuinnya? Kok kau berani kali. Udah gitu gak ketahuan sama guru. Ajarin dong.” Tanya gue polos.

“Ini namanya nyontek. Nyontek itu gak perlu diajarin. Dia hanya butuh pengalaman dan keberanian.” Jawabnya teman gue santai dan sedikit mengeluarkan senyuman kemenangan di jalur yang salah.

“Roe, teman lo itu namanya siapa?”

Gue udah lupa Bil. Kalaupun gue ingat pasti namanya akan gue samarkan. Panggil saja Budi.

“Budi enggak cocok Roe. Budi terlalu baik untuk melakukan hal seperti itu.”

Aish, terus siapa dong Bil. Yaudah, gue pake karakter jagoan gue aja deh biar gampang. Sebut saja namanya Jemmy.

“Oke. Lanjut lagi ceritanya.”

Beberapa minggu kemudian ulangan/ujian tiba. Waktu SD meja sekolah gue ada lacinya, tapi ini gak pakai penutup. Jadi, buku cetak bisa di taruh di dalamnya. Buku cetak-pun gue keluarkan dengan cepat, tanpa orang lain melihat. Hanya dua yang ngeliahat gue ngelakuin beginian pada waktu itu.

“Siapa?”

Allah dan Jemmy. Itu pasti. Namun, niat gue masih tetap gue lanjutin. Lima menit pertama gue mulai gelisah. Suka ngelihat kearah meja guru terus-terusan. Gak lama si ibunya ngeliat kedepan. Gue cepat-cepat nunduk. Maklum masih amatiran. Gak berapa lama gue lihat kiri-kanan, kena  tegur dong sama ibu gurunya. Akhirnya gue buat jeda tuh, biar gak terlalu mencolok.

“Lo belum apa-apa udah nyontek. Ngerjain dulu kek yang menurut lo gampang kan bisa.”

Bukan, gue cuma liat situasinya doang. Nah, waktu jeda itulah gue manfaattin buat ngerjain soalnya yang bisa gue jawab. Biasanya ujian waktu SD soalnya gak banyak. Cuma lima, tapi jawabannya panjang. Pernah juga gue pura-pura mikir atau nulis. Biar keliatan pintar aja sih sama gurunya. Padahal gak tau apa-apa.

Nyontek pertama gue gagal, dikarenakan mental gue kurang kuat untuk membuka buku cetak. Jam istirahat, gue ceritain tuh kejadian tadi sama teman gue. Malah kena marah. Dia bilang “Roe, kalau kau mau nyontek lihat-lihat gurunya juga dong.” Ini Jemmy marah-marah sambil makan gorengan campur kuah apalah itu namanya. Gue yang liatnya juga ikutan laper.

“Wah, aku gak tau Jem. Kasih tau dong.” Gue masang muka memelas biar dikasih tau. Malah, Jemmy ninggalin gue. Gak berapa lama kemudian ia membalikkan badannya ngomong “Kalo kau mau tau, kau harus bisa baca kebiasaan gurunya ngapain aja saat ujian berlangsung.” Teriaknya sambil menuju kearah kantin lagi. Gue masih mikir dan terus mikir, apa maksudnya.

“Roe, kalo lo ceritain bakalan jadi panjangn nih. Potong aja, kapan lo udah mulai mahir nyonteknnya?”

Betol juga. Baiklah. Gue mulai mahir nyontek waktu kelas lima esde. Teknik nyontek gue macem-macem. Ada buku cetaknya gue tandai halamannya. Ada bikin di kertas kecil. Ada juga kalau ujiannya tidak terlalu sulit, gue buat contekan di mejanya. Ada juga teknik kerja sama dengan teman sebangku.

Gue merhatiin gurunya, teman sebangku gue lihat ke bawah, cari contekan. Kalo gurunya ngeliat keaarah meja kami, gue senggol sepatu teman sebangku gue. Responnya cukup keren. Dia pura-pura mikir, tapi gerakannya sama sekali tidak berubah. Cuma bola mata agak sedikit naik buat baca soal.

Sedangkan gue panik tiba-tiba dan gak lama kemudian gue ditegur sama gurunya. “Heru, kerjain sendri.” Kata gurunya sambil membetulkan kaca matanya. “Iya bu.” Jawab gue pelan dan sedikit malu.

“Bukannya lo bilang udah mahir? Gimana sih.”

Ya gak mahir-mahir banget. Alhasil, gue dan teman sebangku gue berhasil mencontek dan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

Entah kenapa ada rasa yang kurang memuaskan dalam diri gue. Walaupun nilai gue bagus.  Puasnya itu gak menyeluruh. Paling gue puasnya  karena gue gak kena marah sama orang tua waktu nyampe di rumah. Beda banget puasnya dengan gue ngerjain sendiri, tapi gak ada unsur nyonteknya. Masalah kena marah seharusnya sudah harus menjadi resiko sendiri. Kalau mau bagus yang harus kerja kerasnya lebih dari teman yang lainnya.

Naik tingkat SMP, gue masih nyontek. Naik tingkat SMA gue masih nyontek. Naik tingkat kuliah, gue sudah berhenti nyontek. Gue pernah mikir soalnya. Kalo kuliah gue nyontek, gimana entar gue bisa dikasih kerjaan. Bisa-bisa gue dipecat mungkin.

“Pantesan. Gue udah mulai percaya sekarang, kenapa lo bisa lama lulusnya. Wajar, wajar. Hahaha…”

Bangke Ambon lo Bil…

“Bingka Ambon kale Roe.”

Lanjut lagi nih…

Mahasiswa mana sih yang gak tau jargon beginian ‘Posisi menentukan prestasi’. Biasanya kata-kata ini sangat tepat digunakan waktu UTS dan UAS. Sebenarnya ‘Posisi menentukan prestasi’ sudah bisa kita lihat dari waktu pertama kali masuk mata kuliah tersebut.

Sampe sekarang, gue masih heran dengan mahasiswa yang berlomba-lomba duduk di belakang. Jujur sih, gue juga sering melakukan hal seperti ini. Tradisi angkatan gue 2007, kalo udah di kelas adalah mengkosongkan tempat duduk dibarisan depan. Hanya wanitalah berani duduk di barisan depan.

Gue sendiri mengambil posisi duduk dibelakang karena ada alasan. Salah satunya adalah gue sama sekali gak ngerti mata kuliahnya.

“Bah, bukannya kalo gak ngerti seharusnya duduk di depan?”

Seharusnya sih begitu. Gue sering berfikir kalo duduk di depan entar kalo ditanya-tanya sama dosen terus gak bisa jawab bisa malu.

“Yah, chicken lo Roe. Namanya juga belajar.”

Sebenarnya sih gue tau kalo mahasiswa duduk di depan, pastinya akan cepat dikenal dengan dosen. Kemungkinan besar bisa membina hubungan baik dengan dosen.

Dosen itu hanya mengenal dua tipe mahasiswa. Pertama, mahasiswa pinter dan kedua, mahasiswa bandel. Kalo gue sendiri masuk kategori di tengah-tengahnya. Sebenarnya sih bukan hanya dosen doang yang begini. Guru waktu gue SD, SMP dan SMA juga kayak begini.

Sering banget gue dengar perkataan seperti ini:
1.    “Eh, mata kuliah ini dosennya siapa?”
2.    “Masih dosen lama atau udah ganti dosennya?”
3.    “Wah, kalo dosennya bapak/ibu itu gue gak jadi ambil deh. Killer cuy.”
4.    “Mending lo ambil mata kuliah ini. Selain dosennya baik, kasih nilai juga tinggi-tinggi.”

Itulah tadi beberapa obrolan mahasiswa ketika perwalian. Seharusnya mahasiswa gak perlu mengasingkan diri dengan dosennya. Justru harus sebaliknya. Dekat dengan dosen itu banyak sekali manfaatnya.

Bisa saja kita dipanggil untuk menjadi asistennya. Bisa saja kita membantu project dari dosen. Selain dapat tambahan uang jajan, pengalaman pasti bertambah.

“Roe, bukannya sekarang lagi ngebahas ujian atau nyontek-menyontek. Kenapa bisa masuk ke perkuliahan.”
Benar, benar. Gue tadi terbawa suasana Bil.

Lo tau, apa yang dimaksud dengan ujian buat mahasiswa?

“Ujian itu, ya seperti cobaan.”

Bukan itu doang. Ujian itu adalah sarana untuk menilai sejauh mana persiapan mahasiswa dalam menghadapi soal dan memahami materi perkuliahan.

“Anjriiit, panjang banget tu pengertiannya. Baca di mana lo Roe?”

Kok tau kalau gue baca?

“Ketahuanlah, sejak kapan lo bisa sebijaksana itu.”

Wah, benar-benar minta dihajar ini anak. Oke, pengertian ini gue dapat dari google. Puas lo.

“Gitu dong.”

Lanjut lagi gue bacanya.
Dengan hasil ujian tadi lo bisa tau tingkat lo dimana. Misalnya lo dapat A. Itu nilai paling bagus. Gue jarang-jarang bisa dapat nilai dengan huruf seperti ini. Artinya, kalo dapat nilai A berarti kita udah paham apa yang dosen ajarkan dan kita bisa mempertanggung jawabkan. Dengan nilai seperti ini kita juga bisa menyampaikan ilmu kita ke adik-adik tingkat pastinya.

“Emang lo pernah kayak gitu?”

Gak pernah. Suatu keajaiban alam kalo nilai A gue banyak. Tentunya gue pernah dapat A. Kadang, gue memang paham dan bisa dipertanggung jawabkan. Tapi, buat share ilmu ke adik tingkat, gue belum pernah nyoba sama sekali. Haha.

Muka-muka kayak gue ini kalo dilihat sama adik tingkat pasti bentuk muka huruf D.

Lanjut lagi ke nilai B. Artinya kita paham doang. Untuk nilai C, artinya kita setengah paham setengahnya lagi di luar alam bawah sadar kita. Untuk nilai D, artinya belum ngerti. Gue sangat sakit hati dapat nilai D. Soalnya terlihat mengantung sekali ini nilai. Soalnya mau dibilang cukup gak bisa, mau dibilang gak ngerti juga gak bisa. Kumaha aing wae. Ini Bahasa Sunda, artinya kurang lebih seperti ini ‘Gimana guenya ajalah’.

Terakhir ada nilai E, artinya kita sama sekali gak paham dan mengerti. Nilai dengan huruf yang satu ini gak perlu dijelasin lagi. WAJIB HUKUMNYA MENGULANG SEMESTER DEPAN!

Pernah gue punya niat jahat dalam hati. Gimana kalo ada sebuah alat yang fungsinya ngebantuin mahasiswa waktu ujian. Cukup satu aja alatnya di tiap ruangan. Cara kerjanya sederhana. Kalo kalian pernah nonton film Speed pertama pasti tau. Penjahatnya kan pake CCTV. Terus disadap dengan FBI. Jadi gerakannya kayak enggak bergerak. Suasananya terlihat tenang-tenang aja, tapi aslinya gerak sana-sini.

Kalo kita simulasikan di ruangan seperti ini. Dosen masuk ke dalam ruangan. Kemudian bagiin lembar soal dan jawaban. Kemudian dosen duduk di tempat semula. Untuk menghasilkan kerja sama maksimal maka mahasiswa harus meminimalkan gerakan yang tidak perlu selama satu sampai dua menit.
Alat mulai dinyalakan untuk merekam pergerakan mahasiwa. Setelah alat sudah sempurana terekam. Kemudian tekan tombol warna hijau untuk menjalakannya. Jadi, jika dosennya ngeliat kedepan. Suasananya bakalan tenang. Ya kayak pertama kali dosen masuk kedalam ruangan. Mengenai peredam suaranya mungkin kurang begitu maksimal. Jadi, harus kita kembangkan lagi nantinya. Lho.

Kembali kedunia nyata. Biasanya mahasiswa yang duduk di depan itu gak pernah dicurigai. Ya lo liat sendiri. Pasti dosennya kenal sama orang yang doyan duduk di depan dan udah tau pasti dia pintar ataupun rajin. Kalo gue duduk di depan berarti gue terlambat.

Sedangkan duduk dibelakang biasanya udah melakukan persiapan. Tiga puluh menit sebelum ujian dia sudah harus tau mau nyontek dengan teknik apa.

Kebiasaan mahasiswa paling gue gak suka adalah ngebahas soal ujian. Makanya kalo lagi ujian gue suka keluarnya tunggu lima mahasiswa lagi sisanya. Kalo gue cepat keluarnya bakalan ditanya-tanya “Lo jawab apaan nomer tiga tadi?” Dalam hati gue ingin ngomong ‘Preet’ tapi gue tahan. Bisa jadi dia ngomong gini “Eh, yang nomer satu itu jawabannya bla… bla… bla… kan?” Gue sih hanya bisa angguk-angguk dengan senyum paksa.

Ada juga mahasiswanya ngumpul, terus diskusi soal ujian. Dua detik kemudian jadi pasar ikan suasana kampus. Tepatnya di wilayah jurusan gue. Bedanya pasar ikan dengan wilayah jurusan gue waktu mahasiwanya diskusi adalah pasar ikan teriak-teriak dengan jualan ikannya antara penjual dan pembeli, sedangkan mahasiswa sedang diskusi teriak-teriak masalah jawabannya. Jawaban siapa yang paling benar. Biasanya yang suaranya lebih besar dia sudah sangat yakin dengan jawabannya.

Kebiasaan gue setelah ujian adalah pulang ke kosan, tanpa banyak mempedulikan teman yang tanya-tanya jawaban.

“Terlalu egois ternyata lo Roe.”

Selain ngebahas soal ujian ada lagi yang keliatannya beda.

“Apaan Roe yang keliatan beda?”

Wajahnya. Biasanya keluar dari ruangan wajahnya dapat berubah dengan seketika. Ada yang senang, kesal, suram, nangis, gembira, garuk-garuk kepala, ada yang kayak sesak boker mukanya. Ada yang terliahat acting dari mimik wajahnya. Itu sih gue. Bisa gak bisa jawab ujian yang penting pulangnya udah bawa sesuatu. Entah itu ilmu mata kuliahnya atau pokok bahasan cerita buat gue kembangin lagi. Sangat bermanfaat bukan? Pastinya.

Selama empat tahun lebih gue ikut ujian. Gue banyak nemu teknik mereka (mahasiswa) menyontek. Ada yang menggunakan selembar kertas kecil. Tulisannya juga pastinya harus kecil. Biasanya teknik ini digunakan apabila dosennya memberikan kisi-kisi ujiannya.

Teknik menulis di-dinding, meja, telapak tangan. Kalo ini sih teknik lama. Gue juga pernah pake waktu tingkat SD, SMP dan SMA.

“Waktu kuliah?”

Hmm.. Pernah. Mengaku pernah melakukan hal yang tidak terpuji itu muka gue mendadak merah. Lanjut lagi, teknik earphone. Teknik ini dipakai waktu awal-awal kuliah. Karena hape masih boleh dipergunakan dalam ruangan. Itu dulu.

Bagaimanakah caranya? Malam harinya kita ngerekam materi hapalan yang kira-kira penting. Yah, tentunya pakai suara kita sendiri. Biasanya sih untuk mata kuliah hapalan. Gue pernah ngeliat teknik ini waktu SMA.

Biasanya anak cewek yang sering pakai teknik ini. Sekolah gue di-haruskan, bukan wajib menggukan jilbab. Yaudah, bimsalabim kabel-kabel panjang gak keliatan.

“Terus, kalo di perkuliahan anak ceweknya ada yang make ini teknik?”

Ya gak-lah. Anak cewek angkatan gue baik-baik. Taat pada agamanya. Takut banget sama nilai jelek. Kalo dapat C saja bisa merepet sendiri. Kadang gue juga pernah kena sembur, tapi tenang, mereka semua ramah lingkungan pastinya, lhoh.

Selanjutnya adalah teknik menggunakan hape. Teknik ini umum banget. Jadi, contekan bisa dijadikan gambar atau catatan kecil. Alasanlah, pura-pura ngeliat jam atau sms. Kalo masih awal kuliah hape masih boleh digunakan di atas meja, tapi kalo sekarang udah haram hukumnya.

Selanjutnya adalah teknik permisi ke toilet. Ini teknik gue jaman dulu banget. Kemungkinan dikasih keluar pada ujian sedang berlangsung fifti-fifti. Tergantung dosennya.

“Caranya gimana?”

Pertama minta izin dulu pastinya. Usahakan muka kita harus menjiwai kalo kita memang kebelet kencing ataupun boker. Kalo dikasih, udah sedikit aman tuh kalo lo mau buka contekan di kertas kecil yang udah lo tulis semalam.

Seingat gue sih itu aja teknik-tekniknya. Kalo masih ada teknik yang lainnya boleh bagiin disini. Haha. Jangan deh, Gak baik itu.

“Ah, bohong lo. Masa dikit banget tekniknya.”

Ya emang segitu gue ingatnya. Lebih ekstrim lagi masih di rahasiakanlah pastinya. Ingat, sebenarnya hasil ujian kita itu tergantung bagaimana usaha kita. Gue sangat melarang keras buat mahasiswa yang masih menyontek. Satu lagi, jangan pernah belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), jujur gue gak bisa ngelakuin ini.

Apa daya karena tingkat kemalesan gue selalu berada di puncak, gue selalu menggunaka cara ini. Hasilnya, nilai gak memuaskan sama sekali. Apalagi kayak tampang-tampang gue ini. Lama ingat, cepat lupa. Dulu waktu SMA beda lagi. Belum ingat, udah lupa duluan.

Pernah dalam hati gue ngomong begini “Kalau nilai ujian gue jelek, gue bakalan ngulang tahun depan nih. Hari ini gue nyontek ajalah biar gak ngulang lagi. Cape cuy.”

“Benar, banget tuh Roe. Gue juga pernah mikir kayak begituan.”

Yaiyalah, kan kita memang satu pemikiran.

Benar banget kata iklan obat pengingat daya tahan otak. Teman gue pernah ngasih contekan yang tulisannya begini, gue nulis di kertas itu minta jawaban nomer lima. Terus gue lipat sampe jadi bola. Gue lempar. Dia noleh ke belakang, gak lama kemudian gue kasih aba-aba suruh isi kertanya.

Gak bertahan lama di meja teman gue yang pintar itu. Terus dia tendang dari bawah kertasnya. ‘Tap’, akhirnya dapat jawabannya. Sambil berbisik gue ucapin “Makasih.” Gue buka pelan-pelan. “Hah?” dalam hati gue bangke ini anak. Masa dia nulis ‘MAU PINTAR, MAKANYA BELAJAR.’

Gue mau tanya “Sebenarnya nyontek itu dosa apa gak sih?” jawabannya ada di ujung langit *nyannyi Dragon Ball* dan ada di dalam diri kita sendiri. Itulah jawaban lebay versi gue. Soalnya, menyontek dapat menyebabkan malas, penipuan dan memerdekakan kaum malas daripada yang rajin.

Gue kasih sedikit penjelasan akibat menyontek itu seperti apa.
1.    Gak bisa ngukur sampai sejauh mana kemanpuan ilmu kita. Lo gak akan tahu seberapa hebatnya lo menaklukkan soal-soal.
2.    Gak bisa merasakan nikamat berperilaku jujur. Enak-lho jujur itu. Gak ada beban. Selalu dipercaya apabiala dikasih pekerjaan. Wah, banyaklah manfaatnya. Lo gak akan tahu betapa beratnya untuk berlaku sabar dalam ujian yaitu berusaha untuk tidak menyontek.
3.    Orang yang suka nyontek pasti ketagihan untuk nyontek lagi dan lagi. Pastinya tuh.
4.    Dengan menyontek akan melemahkan kemampuan intelektualitas atau kepandaian.
5.    Dengan menyontek akan kehilangan wibawa dan harga diri di hadapan teman-teman.

Tidak ada komentar: